Fungsi Vlookup di ms.excel

Fungsi Vlookup di ms.excel

       Hai kawan, kembali lagi dengan kang mif, bagi kalian yang bekerja di depan komputer pasti tidak asing lagi kan dengan microsoft excel, dengan microsoft excel kita dapat mengolah data menjadi data yang matang untuk di suguhkan. Hmm kaya buah aja ya ada matang nya wkwwk.

     Mengolah data tidaklah mudah apalagi data yang kita olah sangat banyak di tambah dikejar-kejar waktu di tambah lagi perut lapar mungkin rasanya sama seperti ditagih hutang sama rentenir, kesel marah sedih binggung jadi satu kaya gado-gado. Hahaa loh ko belok ke makanan.

       Tapi kita bisa menggunakan salah satu fungsi yang telah di sediakan pada microsoft excel itu sendiri untuk membantu pekerjaan kita, dan yang akan kita gunakan kali ini yaitu fungsi VLOOKUP, cekidoot kita bahas dari awal.

      VLOOKUP yaitu kepanjangan dari vertical lookup fungsinya yaitu untuk mencari data dari tabel yang berbentuk vertikal, ciri tabel berbentuk vertical yaitu isi datanya berjejer ke bawah.

      Fungsi vlookup biasanya digunakan untuk mencari data bukan menghitung data, inget ya mencari data, soalnya ane sering liat orang-orang salah kaprah dengan menggunakan fungsi vlookup ini.

       Fungsi vlookup ini hanya dapat mengambil data pada urutan pertama saja jd jika ada 2 data dengan referensi yang sama yang akan keambil yaitu data pertama, jangan bingung dulu santaikan kawan nanti akan ane bahas.

      Dalam fungsi vlookup akan menemukan beberapa hasil yaitu #NA, Reff, dan tentunya berhasil, untuk hasil #NA dan Reff itu dikarenakan ada rumus atau data yang salah, ini juga akan ane bahas nanti, santaikan aja kawan.

       Sebelum memulai lagi lebih baik bawa minuman dulu atau ambil makanan dulu, biar enjoy dan bisa terus mengikuti tutorialnya sampai selesai..
Oke..

       Disini ada sebuah kasus dimana toko online yulia sedang mencari rincian data pembelinya, pertama harus di siapkan sebuah data barang, datanya kita ambil dari tutorial sebelumnya aja ya yg berjudul rumus aritmatika.

       Dalam kasus sebelumnya kita sudah mendapatkan beberapa data salah satunya adalah list harga.


       
       Dalam kasus ini pertama kita akan menampilkan data rinci pembelian di toko online yulia, langkah yang harus di lakukan yaitu buat sebuah tabel rinci untuk pembeli, disini saya buat sederhana aja seperti berikut.


       Dalam tabel tersebut ada beberapa kolom yaitu : nama, asal kota, kode barang, qty, nama barang, harga, jumlah bayar. Nah.. Sekarang adalah bagian proses pengisiannya, langkah yang harus d lakukan yaitu 
1. Isi kolom nama dan asal kota pembeli.
2. Isi kolom kode barang sesuai kode barang yang ada di atas.
3. Isi jumlah/qty dengan jumlah barang yang akan dibeli.
4. Isi kolom nama barang dengan rumus vlookup seperti berikut : =vlookup(lookup_value,table_array,col_index,range_lookup).
Penjelasannya :
- lookup_value = di isi dengan data acuan kita yaitu nama pembeli
- table_array = di isi dengan range data yang akan menjadi referensi yaitu tabel data barang.
- col_index = ini adalah no urut kolom yang akan kita tampilkan, klo di lihat dari contoh kita sekarang misalkan mau menampilkan nama barang maka kita masukan angka, dan jika ingin menampilkan data harga maka masukan angka 3.
- range_lookup = ini kita isi FALSE.
       Seperti kata saya tadi, dalam menggunakan fungsi vlookup akan menghasilkan #N/A dan #Ref!, berikut penjelasannya.
1. #N/A
       Ini akan terjadi jika referensi yang dimasukan tidak ada pada tabel referensi, pada contoh di atas saya memasukan data barang jkt46 sedangkat di data barang tidak ada jkt46 maka menghasilkan nilan #N/A
2 #Ref!
       Ini akan terjadi jika kita memasukan col_index di luar jangkauan tabel_array, misalkan tabel_array kita hanya 3 colom, jika memasukan angka 4 atau lebih pada col_index maka hasil nya akan #Ref!.
       Berikut penjelasan yang bisa saya berikan, mudah-mudahan bisa membantu dalam menyelesaikan masalah kawan semua, silahkan komentari artikel ini, saran dan kritik akan sangat berharga untuk perbaikan artikel ini, selamat belajar.


Baca juga artikel lainnya:
- Fungsi Hlookup.
- Fungsi sum.
- Fungsi Sumif.
- Fungsi Sumifs.

0 Response to "Fungsi Vlookup di ms.excel"

Post a Comment