Cara mudah mengganti nama file sekaligus langsung banyak dengan 1x klik

Cara mudah mengganti nama file sekaligus langsung banyak dengan 1x klik

Assalamu’alaikum warohmatullahi wa barokatuh,
selamat datang di blog kang emip guys, saya yakin file di laptop kalian pasti banyak mulai dari poto, music, video , dan file lainnya, file tersebut kalian beri nama sesuai kontennya hal ini bertujuan agar kalian supaya mudah mencari file tersebut tapi kadang juga kali kita harus merubah nama file tersebut karena alasan tertentu, kalau satu atau dua file sih tidak masalah tapi bagaimana jika yang harus kalian rubah ada ratusan bahkan ribuan file. Kalian pasti bertanya, emang file apa yang namanya harus dirubah sampai ribuan?? Oke saya boleh cerita dulu ya,,, saat ini saya bekerja di perusahaan minuman di bagian staff gudang sparepart (sparepart untuk mesin pembuat minuman), di dalam computer saya ada data poto sparepart sampai ribuan item, karena ada projek maka saya harus merubah nama  file poto menjadi nama baru, karena saya orangnya so’ sibuk maka saya cari cara mudah untuk merubah nama file tersebut, sempat prustasi karena tidak menemukan cara yang mudah hingga akhirnya menemukan cara yang sesuai, saya dapat mengganti ribuan nama file hanya dengan sekali klik, mau tau caranya kan?? Jd caranya begini
1. Siapkan file yang akan di ganti namanya lebih enak kalau sudah dipisahakan dalam satu folder

 

2. Select all tekan shift + klik kanan pada gambar dan pilih copy as path
3. Buka ms excel dan ketik seperti gambar, kolom A ketik “ren” kolom B masukan nama file dengan cara paste dari proses copy langkah ke 2, kolom C isi nama baru file masing-masing. Setelah selesai silahkan copy semua
4. Buka Notepad dan paste

Maka akan menjadi seperti ini.
5. Save dengan extention.bat dicontoh kita buat nama rename.bat untuk save as type nya pastikan ke all files

Hasilnya seperti ini, ada file bernama rename 
6. Double klik file rename, jika ada layar command prompt jangan kaget guys
7. Tadaaaa… Selesai



Berikut adalah Cara mudah mengganti nama file sekalgus langsung banyak dengan 1x klik, jika file yang akan dirubah namanya banyak pasti prosesnya akan semakin lama juga jadi saat di langkah 6 harap bersabar aja.
Sekian tutorial dari saya semoga bermanpaat. jika ada pertanyaan, saran atau pun kritik bisa langsung komen aja ya.
Wassalamu.alaikum warohmatullahi wabarokatuh

kata motivasi
wilson kanadi pernah berkata
cara termudah jadi pandai adalah belajar dari hal terbodoh yang pernah kamu lakukan
maka jangan merasa minder jika kalian pernah melakukan hal bodoh, justru itulah media belajar yang paling baik

Wassalamu.alaikum warohmatullahi wabarokatuh

0 Response to "Cara mudah mengganti nama file sekaligus langsung banyak dengan 1x klik"

Post a Comment