Fungsi Sum, sumifs, sumif

Fungsi SUM, SUMIF Dan SUMIFS di MS Excel

Assalamu'alaikum,

Hi guys kita belajar fungsi lagi yuk, kali ini kita belajar fungsi sum, sumif, dan sumifs di ms excel, ini berguna banget loh apalagi buat pekerja di bagian office, jadi ayo simak baik-baik.

Fungsi SUM, SUMIF dan SUMIFS
Pasti sudah Anda ketahui bahwa program excel memang dikhususkan untuk pengolahan data dan juga perhitungan yang tepat dan akurat. Namun untuk mengolah data dan perhitungan dengan cepat di MS excel kita perlu mengetahui beberapa fungsi yang ada, dan diantaranya adalah fungsi SUM, SUMIF, dan SUMIFS yang akan kita ulas bersama pada kesempatan ini. Ok, sekarang kita belajar sama-sama tentang fungsi ini.

1. Fungsi SUM
Fungsi Sum adalah fungsi yang digunakan untuk menghitung total nilai dari cell
Contoh: =SUM(number1, [number2], [number3], [number4],...)
Sebagai contoh, misalkan ada data seperti dibawah ini  :


Pertanyaannya adalah berapakah total jumlah msepeda motor yang ada di semua kota, untuk menghitungnya digunakan fungsi SUM

Caranya  :  Letakkan kursor di cell 14 ketikkan "=SUM(C1:C11)" (tanpa tanda petik) Lalu tekan enter, maka hasilnya akan seperti gambar dibawah


2. Fungsi SUMIF
Fungsi SUMIF digunakan untuk menghitung total nilai dari cell dengan kondisi tertentu
Contoh : SUMIF(range, criteria, [sum_range])

Masih dengan contoh data yang sama dari contoh sebelumnya, berapa total jumlah sepeda motor vixion yang ada di semua kota?. Letakkan kursor pada cell D15 ketikkan "=SUMIF($C$2:$C$12;C2;$D$2:$D$12)" (tanpa tanda petik). Lalu tekan enter, untuk C2 bisa juga di ganti dengan text seperti "sepeda motor vixion" ingan pake tanda kutip ya.

Hasilnya seperti gambar dibawah ini.


3. Fungsi SUMIFS

Fungsi SUMIFS adalah sama dengan fungsi SUMIF namun denan kondisi bisa lebih dari satu.
Contoh :  SUMIFS(sum_range, criteria_range1, criteria,[criteria_range2, criteia2],...)

Dengan data yang sama dari contoh sebelumnya, berapa total jumlah sepeda motor vixion di Jakarta?. Letakkan kursor di cell D16, ketikkan =SUMIFS($D$2:$D$12;$C$2:$C$12;"Sepeda Motor Vixion";$B$2:$B$12;"Jakarta")(tanpa tanda petik) lalu tekan enter.

Hasilnya seperti gambar dibawah ini


Demikian tentang fungsi SUM, SUMIF dan SUMIFS di ms excel. Semoga bermanfaat

0 Response to "Fungsi Sum, sumifs, sumif"

Post a Comment